Rabu, 14 Maret 2018

5 Tempat di Bumi yang Seperti Luar Angkasa


Tuhan menganugerahkan keindahan alam di bumi untuk kita. Keindahan alam ini wajib kita jaga dan lestarikan.

Dari pantai, ngarai, sampai gunung, semuanya menyuguhkan keindahan alam yang berbeda-beda. Beberapa tempat di bumi bahkan punya pemandangan yang berbeda dari lokasi-lokasi lainnya.

Yang paling unik, ada pula yang memiliki pemandangan layaknya berada di luar angkasa! Berikut deretan 5 tempat keren di Bumi yang tampak seperti di luar angkasa, melansir dari laman HowStuffWorks.

1. Sungai Rio Tinto, Spanyol


Sungai Rio Tinto terletak di Spanyol bagian tenggara. Sungai ini mengalir dari Pegunungan Sierra Morena hingga Teluk Cadiz di Huelva.

Sungai Rio Tinto adalah sebuah bekas galian tambang emas dan perak yang telah ada selama ribuan tahun. Warna merah pada sungai ini terjadi karena pencemaran sisa-sisa mineral, zat asam, dan bakteri yang mengoksidasi zat besi serta belerang di dalam aliran sungai.

2. Gunung Api Kilauea, Hawaii


Gunung api yang unik ini terletak di Pulau Besar Hawaii. Gunung Api Kilauea adalah gunung api termuda di Hawaii dan menjadi salah satu yang paling aktif di dunia.

Sejak tahun 1952, sudah terjadi setidaknya 34 erupsi di gunung ini. Yang bikin gunung ini unik adalah aliran lavanya yang sampai ke pinggir laut. Aliran lavanya pun terbentuk dari batuan basal yang terbentuk dari lava beku.

3. Richat Structure, Mauritania


Kalau kamu familier dengan Bintik Merah Besar di Planet Jupiter, Richat Structure di Mauritania ini akan mengingatkan kamu terhadap planet terbesar di galaksi Bima Sakti ini.

Richat Structure di Mauritania adalah sebuah pusaran besar dengan diameter sepanjang 50 km. Titik ini pertama kali ditemukan pada tahun 1960an oleh astronot NASA. Ilmuwan percaya bahwa titik ini terbentuk akibat tumbukan meteor pada masa Paleozoik.

4. Lembah Kering McMurdo, Antartika


Wilayah tanpa es terluas di Antartika terdiri dari sebuah gurun beku yang membentuk struktur-struktur unik. Wilayah ini memiliki luas sekitar 15.000 km per segi.

Dulunya, wilayah ini tertutup oleh gletser atau sungai es. Saat gletser-gletser ini menghilang, sisanya adalah retakan lapisan bebatuan dengan bentuk yang mirip permukaan Planet Pluto.

5. Gurun Atacama, Cili


Gurun Atacama membentang dari sisi utara Peru sampai sisi utara Cili sepanjang 1.000 km. Gurun ini begitu kering, tidak pernah ada catatan hujan turun di wilayah ini selama parah ahli melakukan penelitian.

Saking keringnya, tidak ada vegetasi yang mampu hidup di sini. Pemandangan di Gurun Atacama disebut-sebut mirip dengan permukaan Planet Mars.

Sumber: www.grid.id

LINK 1                          LINK 2                         LINK 3                      LINK 4



BBM : DBF1562B
WeChat : klikbola88
Line : klikbola88
Whatsapp : +85515438650

Tidak ada komentar:

Posting Komentar